Jumat, 08 Januari 2016

CARA PRAKTIS SERVIS MESIN LAMPU PHILIPS ESSENTIAL 50WATT ATAU 70WATT 4U JUMBO TANPA HARUS PAKAI ALAT UKUR (AVOMETER/MULTITESTER)


Berdasarkan pengalaman saya selama ini. Klo ada pasien dengan bawa lampu PLC MERK PHILIPS dg spek 50w/70w yg model 4u jumbo. Sering kali saya temukan kerusakan pada komponen mesinnya yg rata rata ya ITU ITU SAJA. Jarang sekali rusak njelimet.
Makanya pernah ketika AVOMETER saya rusak sehingga tdk bisa di pakai. Bersamaan dg itu ada pasien datang mau servis lampu dg spek lampu seperti di atas. Lampu bisa saya servis tanpa harus pakai AVOMETER.
Rata rata dg gejala sbb :
1. Mati total
2. Konslet/mcb njeglek/lampu anti konslet nyala terang (full nyalanya)
Walapun beda gejala, komponen yg rusak tetap itu itu saja.
1. Milar C 223/273 ini ada 2 biji di samping kiri dan kanan. Berhubung avo mati sehingga tdk bisa untuk mengukur, maka tak ganti saja langsung dua duanya. Bila kesulitan cari milar dg nilai ini,
CARA MUDAH : * Milar ini bisa di ganti dg ukuran C 473 yg bisa kita copot dari mesin mesin mati.
2. Dioda 4 buah. Ini letake lewat kabel input ac pln ke mesin. Biasa klo dilampu ini lewat trafo kecil dulu. Bila sulit cari yg sama.
CARA MUDAH : Beli dioda 4007. Banyak di toko. Juga murah. Gk mau beli? Copotkan dari mesin mati.
3. Sekring.
Ini yg bisa buat gejala rusak lampu beda. Klo gejalanya mati total, sekring sering kali putus akibat dari c milar 223/273 atau dioda 4 buah ada yg short/konslet salah satunya.
Klo gejala listrik njeglek/lampu anti konslet nyala terang. Kemungkinan sekreng tdk putus. Tapi tetap saja milar/dioda ada yg short salah satu. Atau dulu sekreng pernah putus tapi sekreng tdk diganti sama tukangnya. Cukup di by pass/jumper saja. Hal spt ini jgn di tiru. Bisa fatal akibatnya. Bisa konslet dan bahaya kebakaran. Jangan hanya di jumper. SELALU GANTI SEKRENG YG PUTUS.
Terakhir tak kalah penting. Mesin di solder ulang.
NB: PERNAH SATU KALI. GEJALA SEPERTI DI ATAS. YG KONSLET TERNYATA TRANSISTOR 13007. ITUPUN HANYA SEBELAH. DAN HANYA GANTI TR SAJA DAN SEKRENG. R BASIS/R EMITOR TDK ADA YG NGGANTI.
98% YG SERING MATI
1. MILAR 223/273
2. DIODA INPUT AC PLN
3. SEKRENG ( OTOMATIS PUTUS---HARUS DI GANTI)

6 komentar:

  1. boleh minta daftar harga jenis kaca lamu pak, yang setara dengan pilip ada ga pak... minat baget untuk usaha...

    BalasHapus
  2. Om,jual lampu smd eceran gak,makash

    BalasHapus
  3. mas gimana cara pesan kaca lampu nya

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasinya
    Dan utuk tambah wawasan saya🙏🙏🙏

    BalasHapus